Cara Membuat Query pada MS Access


Tentunya sobat udah mempelajari cara membuat Table pada pertemuan sebelumnya bukan? Jika belum, silahkan membacanya terlebih dahulu cara membuat Table agar mempermudah dalam membuat database sederhana menggunakan MS Acces. 
Kali ini kita akan mempelajari cara membuat Query, apa sih Query itu?
Query adalah permintaan atau pemanggilan suatu data untuk diolah dari table menjadi satu informasi yang mudah dimengerti, Query juga bisa didasari dari satu table atau penggabungan beberapa table.
Apa manfaat Query dalam membuat database?
1. Dapat menampilkan data-data tertentu pada suatu table
2. Menampilkan data-dari dari dua tabel atau lebih
3. Dapat melakukan operasi perhitungan

Bagaimana cara membuat Query tersebut?
Langkah-langkahnya sama dengan cara membuat Table.
1. Pada jendela database pilih Query lalu double klik Create Query In Design View
2. Pada Jendela Show Table Pilihlah table yang akan dimunculkan dan dikaitkan terhadap table lain
Keterangan :
Field = Nama Field yang akan ditampilkan
Table = Nama table dari Field tersebut
Sort = Mengurutkan data hasil Query
Show = Mengatur Field ditampilkan atau tidak
Criteria = Syarat dari data yang akan ditampilkan

3. Untuk melihat hasil Query Pilih menu Query lalu klik Run atau bisa langsung klik icon Run pada toolbar
4. Untuk menyimpan Query tinggal Save aja atau klik icon disket.

Begitupun cara membuat Query lainnya, untuk setiap table yang belum dimasukan dalam Query.
Lebih mudah kan cara membuat Query dari pada membuat table?

Nah, sekarang kita sudah mempelajari 2 bagian utama dalam membuat database sederhana dengan MS Access, yang pertama cara membuat table dan kali ini cara membuat Query, pada pertemuan berikutnya kita akan mempelajari cara membuat Form dalam sebuah database.


0 Responses to "Cara Membuat Query pada MS Access"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Klik Icon dot com Converted into Blogger Template by HackTutors