Sistem Pakar adalah sistem yang meniru kepakaran (keahlian) seseorang dalam bidang tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan (Horn, 1986). Menurut Weiss dan Kulikowski (1984), sistem pakar adalah sistem yang :
- Menangani masalah-masalah kompleks dan nyata, yang memerlukan interprestasi seorang pakar
- Menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan menggunakan model komputer yang memakai penalaran manusia ahli dan menghasilkan kesimpulan yang sama dengan kesimpulan yang akan dicapai manusia ahli jika menghadapi masalah-masalah yang sama.
Kadangkala sistem pakar juga disebut sistem berbasis pengetahuan (knowledge-based system). Namun sebenarnya sistem pakar hanyalah salah satu macam sistem yang berbasis pengetahuan.
Berbagai Sistem pakar:
- BERT : Merupakan sistem pakar untuk merancang bangunan
- DART/DAST : Digunakan untuk mendiagnosis kerusakan komputer
- DELTA : Merupakan sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan pada mesin-mesin diesel pada General Elektic
- DENDRAL : Sistem Pakar untuk menganalisis struktur molekul suatu senyawa kimia
- EL : Merupakan sistem pakar yang dapat digunakan untuk menganalisis rangkaian elektronika yang mengandung transistor, diode, dan resistor
- FOLIO : Merupakan sistem pakar untuk mengevaluasi investasi saham
- HEATINGS : Sistem pakar yang digunakan untuk mengendalikan proses pembakaran batubara
- MYCIN : Sistem ini dikembangkan di Universitas Stanford pada pertengahan 1970-an dengan tujuan untuk membantu jurumedis dalam mendiagnosis penyakit yang disebabkan bakteri
- OPERA : Sistem pakar ini berguna untuk mendiagnosis gangguan pada jaringan komputer PDP 11/70
- PROSPECTOR : Sistem ini diciptakan oleh Richard Duda, Peter Hard, dan Rene pada tahun 1978 yang menyediakan kemampuan seperti seorang pakar di bidang geologi
- PUFF : Sistem ini digunakan untuk mendiagnosis gangguan paru-paru
- REBES : Sistem pakar yang membantu detektif menangani masalah kejahatan
- SHEARER : Sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan mesin pemotong batubara
- XSEL : Sistem pakar ini dapat bertindak sebagai asisten penjual, yang membantu penjual komputer DEC memilihkan pesanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan
Kategori Sistem Pakar
- Interprestasi : Memberikan deskripsi terhadap suatu situasi melalui pengamatan
- Prediksi : Perkiraan terhadap akibat dari suatu situasi
- Diagnosis : Pendugaan terhadap suatu kesalahan atau gangguan sistem melalui pengamatan
- Perancangan : Melakukan konfigurasi objek berdasarkan kendala yang ada
- Perencanaan : Pembuatan rencana untuk mencapai sasaran
- Pemantauan : Melakukan pembandingan antara pengamatan dan rencana
- Debugging : Melakukan pemecahan-pemecahan suatu kesalahan
- Reparasi : Melakukan perbaikan
- Instruksi : Melakukan diagnosis, debugging, dan pembetulan kinerja murid pada sistem pembelajaran
- Kontrol : Melakukan pengendalian terhadap sistem
Posting Komentar